11:54 PM





Selain ada hal-hal yang membatalkan puasa,tentu ada hal-hal yang diperbolehkan selama berpuasa (bulan ramadhan). Namun kita juga harus mampu memahami dan memilah mana yang benar-benar diperbolehkan dan dilarang selama berpuasa. Uraian di bawah ini akan membahas tentang hal-hal yang boleh dilakukan selama berpuasa di bulan penuh berkah (bulan suci ramadhan) ataupun puasa sunnah :

1. (H.R : Al-Bukhary dan Muslim)
"Diriwayatkan dari Aisyah ra Bahwa sesungguhnya Nabi saw. dalam keadaan junub sampai waktu Shubuh sedang beliau sedang dalam keadaan puasa, kemudian mandi."

2. (H.R : Ahmad, Malik dan Abu Daud)
"Diriwayatkan dari Abi Bakar bin Abdurrahman, dari sebagian sahabat-sahabat Nabi saw. ia berkata kepadanya : Dan sungguh telah saya lihat Rasulullah saw. menyiram air di atas kepala beliau padahal beliau dalam keadaan puasa karena haus dan karena udara panas."

3. (H.R : Al-Bukhary)
"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. Bahwa sesungguhnya Nabi saw berbekam sedang beliau dalam keadaan puasa."

4. (H.R : Al-Jama'ah kecualiNasa'i) hadits shahih
"Diriwayatkan dari Aisyah ra Adalah Rasulullah saw mencium (istrinya) sedang beliau dalam keadaan puasa dan menggauli dan bercumbu rayu dengan istrinya (tidak sampai bersetubuh) sedang beliau dalam keadaan puasa, akan tetapi beliau adalah orang yang paling kuat menahan birahinya."

5. (H.R : Aththahawi dan Ahmad dengan sanad yang baik dengan mengikut syarat Muslim )
"Diriwayatkan dari Abdullah bin Furuuj : Bahwa sesungguhnya ada seorang wanita bertanya kepada Ummu Salamah ra. Wanita itu berkata : Sesungguhnya suami saya mencium saya sedang dia dan saya dalam keadaan puasa, bagaimana pendapatmu ? Maka ia menjawab : Adalah Rasulullah SAW pernah mencium saya sedang beliau dan saya dalam keadaan puasa."

6. (H.R :Ashhabus Sunan)
"Diriwayatkan dari Luqaidh bin Shabrah : Sesungguhnya Nabi saw bersabda : Apabila kamu beristinsyaaq (menghisap air ke hidung) keraskan kecuali kamu dalam keadaan puasa."

7. (Ahmad dan Al-Bukhary)
"Perkataan ibnu Abbas : Tidak mengapa orang yang puasa mencicipi cuka dan sesuatu yang akan dibelinya"

Berdasarkan hadits-hadits diatas, kita memperoleh pelajaran, bahwa hal-hal dibawah ini tidak membatalkan puasa :
1. Menyiram air ke atas kepala pada siang hari karena haus ataupun udara panas, demikian pula menyelam kedalam air pada siang hari. (dalil 2)
2. Menta'khirkan mandi junub setelah adzan Shubuh. (dalil 1)
3. Berbekam pada siang hari. (dalil 3)
4. Mencium, menggauli, mencumbu istri tetapi tidak sampai bersetubuh di siang hari.(dalil 4 dan 5)
5. Beristinsyak (menghirup air kedalam hidung) terutama bila akan berwudhu, asal tidak dikuatkan menghirupnya. (dalil 6)
6. Mencicipi makanan asal tidak ditelan.(dalil 7)

Meskipun baru beberapa perkara saja yang disimpulkan dari hadits-hadits diatas, semoga uraian diatas bermanfaat bagi kita. Dan Semoga Alloh SWT selalu menyayangi kita. Amiin


ketik ulang dari :

PANDUAN PUASA RAMADHAN
Oleh: Ustadz Abu Rasyid

This post is written by for Ucapkan "Bismillah" Untuk Awali Hidup. It was posted on Tuesday, July 24, 2012 at 11:54 PM. The post is filed under , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Also feel free to leave a response about this entry. We welcome comments and always love to hear from you.

0 comments:

Post a Comment