6:38 AM






Dalam memulai suatu perkara yang bermanfaat, jangan lupa mengucapkan “bismillah”. Satu kata yang memilki keistimewaan. Namun kata ini sering lupa diucapkan manusia. Marilah sebagai muslim yang baik, kita biasakan mengucapkan “bismillah” sebelum memulai kegiatan yang baik.


Keutamaan bismillah untuk berdzikir adalah sebagai berikut:

Menyempurnakan Barakah

Berkah akan sempurna pada amal manusia dengan mengucapkan ‘bismillah’.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda :

“Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain: dengan mengingat Allah), maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahan-Nya.” *(Dishahihkan oleh Jamaah, seperti Ibnu Shalah, Nawawi di dalam Adzkar-nya. Syaikh bin Baz berkata: “Hadist Hasan dengan syawahidnya”.)

Terlindung dari gangguan Jin

Rasulullah Muhammad SAW bersabda :

“Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca Bismillah.”*( Sebagaimana terdapat dalam al-Jami’ Shaghir. Dan dihasankan oleh Munawi dalam syarhnya.)

Terjaga dari gangguan Setan

Rasulullah bersabda:

“Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata: “Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.” Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: “Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.” Dan apabila ia tidak mengingat Allah ketika makan, maka ia berkata:”Kalian mendapatkan tempat istirahat dan makan malam”.*(HR. Muslim, 2018.)

Imam Nawawi berkata:

“Dengan demikian, disunnahkan untuk mengingat Allah ketika masuk rumah dan makan.”*(Syarh Muslim ‘ala Muslim, 7/54)


Salah satu contoh pengalaman nyata

Suatu ketika Khalid bin Walid mengalami kebimbangan, ketika orang berkata kepadanya, “Berhati-hatilah dengan racun, jangan sampai orang asing memberikan minum padamu,” maka Khalid bin Walid berkata, “berikanlah kepadaku !” dan Khalid bin Walid pun mengambil dengan tangannya sendiri dan membaca  “Bismillah,” lalu ia meminumnya. Dengan peristiwa itu, maka tidak sedikitpun memberikan efek bahaya kepada Khalid bin Walid. *(Dikeluarkan oleh al-Baihaqi, Abu Nu’aim, Thabrani, Ibnu Sa’ad dengan sanad yang shahih. Lihat Tahdzib at-Tahzib, Ibnu Hajar, 3/125.)

Sumber : Al-Hisnu al-Waqi’, Syaikh Dr. ‘Abdullah bin Muhammad   as-Sad-han, dengan pengantar dari Syaikh Dr. ‘Abdullah bin Abdir-Rahman bin Jibrin.

 Diketik ulang dari Majalah As-Sunnah Edisi 01/Th. XII/1429H/2008M Hal. 8 dalam kolom “Baituna”.

This post is written by for Ucapkan "Bismillah" Untuk Awali Hidup. It was posted on Tuesday, July 24, 2012 at 6:38 AM. The post is filed under , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Also feel free to leave a response about this entry. We welcome comments and always love to hear from you.

0 comments:

Post a Comment